Version : Blender 2.78
![]() |
Fitur Lock to camera view merupakan fitur blender yang
membuat objek camera akan mengikuti dan menampilkan tampilan kita pada 3D
viewport window. Langkah – langkah dibawah ini adalah demonstrasi singkat
mengenai Lock to camera view.
1.
Buka default scene
2.
Pastikan kursor ada pada 3D viewport window.
Kemudian tekan tombol [N] untuk menampilkan View Panel. View panel akan berada
di bagian kanan 3D viewport window.
![]() |
4.
Tekan [0] Untuk mengaktifkan Camera view
5.
Pada tampilan jendela 3D viewport, lakukan
manuver dengan menahan tombol [Scroll] pada mouse.
7.
kemudian tekan [F12[ untuk merender. Note : Hasil render akan sesuai dengan
tampilan camera view.
![]() |
8.
Tekan [Esc] untuk keluar dari render
10.
Lakukan render kembali. Maka hasilnya juga
sesuai dengan tampilan camera view
11.
Tekan [Esc] untuk keluar dari render
12.
Tekan [1] untuk berpindah tampilan ke Front
Persp
![]() |
Fitur Lock to Camera View dapat membantu kita dalam membantu
mengontrol posisi camera kita. Kemudian fitur ini juga membantu kita dalam
melakukan render pada posisi perspektif tertentu
dengan mudah.
Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/display/panels.html?highlight=lock%20camera%20view)







0 comments:
Posting Komentar