Blender mempunyai tool yang dapat membantu proses modelling. Salah satu tool tersebitu adalah Shading. Tool shading ini mempunyai dua perintah yaitu Smooth dan Flat. Smooth berfungsi untuk membuat objek menjadi semakin mulus permukaannya. Sedangkan Flat membuat objek lebih kasar permukaannya. Smooth dan Flat dapat menentukan alokasi waktu untuk render. Semakin banyak elemen yang harus dirender maka semakin lama waktu rendernya. Apabila kita melakukan perintah smooth, maka dapat mengurangi waktu proses rendering karena smooth membuat elemen nya menjadi lebih sederhana. Berikut ini langkah - langkah mengenai Smooth dan Flat pada software Blender.
- Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
- Tekan [X] untuk delete default objek cube
- Tekan [Shift + A] lalu pilih Mesh > UV Sphere
- Tekan [Tab] untuk masuk ke edit mode
- Pada bagian bawah 3D Viewport Window, pilih face select sehingga dapat melakukan select face pada mesh objek.
- Tekan [Shift] dan Klik kanan empat faces yang ada pada objek sehingga seperti dibawah ini
- Lalu tekan [E] untuk extrude. Selanjutnya gerakan masuk untuk perintah extrude, sehingga objek menjadi seperti dibawah ini
- Tekan [S] untuk scale dan buat ujungnya menjadi lebih kecil
- Tekan [Tab] untuk kembali ke object mode
- Tekan [F12] untuk render. Hasilnya objek seperti dibawah ini
- Tekan [Esc] untuk keluar dari hasil render
- Selanjtnya kita akan menggunakan perintah smooth. Pada properties panel (Toggle key : [T] ) yang ada bagian kiri 3D Viewport Window pilih Smooth
- Tekan [F12] untuk melakukan render. Hasil render akan menunjukkan objek yang lebih mulus
- Tekan [Esc]
- Tekan tab flat pada properties panel, sehingga objek tidak smooth kembali.
- Selanjutnya kita akan melakukan smoothing pada beberapa bagian dari objek tersebut. Tekan [Tab] untuk kembali ke edit mode.
- Tekan [A] hingga seluruh bagian objek terselect
- Tekan [B] untuk box select
- Tekan dan tahan [Shift] kemudian pilih bagian yang runcing. Sehingga object akan terlihat seperti dibawah ini
- Tekan Shift pada bagian properties panel. Pilih Smooth yang ada di bawah tab Faces
- Tekan [Tab] untuk kembali ke object mode.
- Tekan [F12] untuk render. Objek akan menjadi seperti di bawah ini
- Terdapat langkah lain untuk menggunakan smooth yaitu menggunakan auto smooth. Tekan Flat kembali agar objek tidak smooth
- Pastikan objek aktif. Pada properties editor, pilih tab object data. Centang Auto smooth untuk mengaktifkannya. Lalu ganti sudutnya menjadi 60 derajat. Hal ini berarti pada saat rendering, faces yang mempunyai sudut kurang dari 60 derajat akan mengalami smooth, sedangkan yang lebih dari 60 derajat tidak akan mengalami smooth.
- Tekan kembali tombol Smooth pada properties panel. Perhatikan objek pada 3D viewport window.
- Tekan [F12] untuk render. Maka akan terlihat seperti dibawah ini
Langkah - langkah singkat diatas menunjukkan perintah mengenai smooth dan flat pada objek blender. Semoga dapat membantu anda pada saat modelling. Silakan bagi yang ingin memberikan komentar dapertanyaan dapat melalui kolom komentar.
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/modeling/meshes/editing/smoothing.html?highlight=smoothing)
0 comments:
Posting Komentar