• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Camera View Blender

Version : Blender 2.78
Tutorial dalam format video menyusul.
camera-view
Camera view merupakan sudut pandang yang kita dapatkan melalui objek camera. Tampilan yang ada pada camera view merupakan tampilan akhir yang akan dihasilkan apabila kita melakukan proses render. Pada artikel inikita akan bermain dengan camera view pada software blender.

    1. Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
    2. Tekan [Shift + A] >  Mesh > Torus untuk menambahkan objek torus
    3. Tekan [G] untuk perintah ghrab
    4. Tekan [X] untuk melakukan grab sepanjang sumbu x
    5. Tekan [5] untuk melakukan grab sepanjang 5 unit blender
    6. Klik kanan mouse pada objek cube
    7. Tekan [0] nol untuk mengganti view pada camera view
      camera-view
      Note : Render yang dihasilkan adalah bagian dengan kotak yang lebih terang (tidak tertutup bagian abu - abu) pada 3D editor window
    8. Select render tab pada properties editor
      camera-view
    9. Anda bisa mngubah setting dari camera pada bagian dimensions seperti resolusi serta render presets
    10. Tekan [Ctrl + Alt + Q] untuk memasuki tampilan Quad view. 
      quad-view-blender
      Note : Pada quad view terdapat empat tampilan yaitu top ortho, right ortho, front ortho dan camera persp
    11. Pada top ortho, select camera
    12. Tekan [G] untuk melakukan perintah grab objek camera
    13. Gerakkan mouse perlahan. Perhatikan pada bagian jendela Camera Persp, tampilan juga ikut bergerak sesuai dengan objek camera. Kemudian objek camera tersebut juga akan terlihat berpindah pada tampilan right ortho serta front ortho.
    14. Klik kanan atau tekan [Esc] untuk membatalkan perintah
    15. Tekan [R] untuk perintah rotasi pada objek camera
    16. Gerakkan mouse secara perlahan.  Perhatikan pada bagian jendela Camera Persp, tampilan juga ikut bergerak sesuai dengan objek camera. Note : Hal ini merupakan salah satu metode untuk mengatur camera sesuai dengan tampilan yang akan kita render nantinya. 
    17. Untuk melihat hasil render, tekan [F12]. Hasilnya akan sesuai dengan ukuran yang ditampilkan pada camera view.
      render-blender
    18. Tekan [Esc] untuk keluar dari hasil render
    19. Tekan [Ctrl + Alt + Q] untuk keluar tampilan Quad view
    20. Tekan dan tahan [Scroll] mouse, lalu lkukan manuver dan cari posisi sehingga torus berada di depan objek kubus 
      align-active-camera-blender
    21. Pada bagian bawah 3D viewport window terdata menu view, Pilih View > Align > Align active camera to view. Toggle key perintah ini yaitu [Ctrl + Alt + Numpad 0]. Tampilan akan menjadi seperti dibawah ini.
      align-active-camera-blender
    22. Untuk melihat hasil render, tekan [F12]. Hasilnya akan sesuai dengan ukuran yang ditampilkan pada camera view.
    23. Tekan [Esc] untuk keluar dari hasil render. Note : Langkah - langkah mengenai align active camera to view adalah salah satu metode untuk mengatur camera view pada blender
    24. Selanjutnya kita dapat mengatur camera view melalui properties editor yang berada pada sebelah kanan 3D viewport window dibawah outliner editor. Pilih tab object data dengan icon camera. Note : Icon object data akan berubah sesuai dengan object yang kita pilih. 
      object-data-blender
    25. Pada bagian ini anda dapat mengubah setting. Resize tampilan hingga semua bagian terlihat jelas.
      object-data
    26. Pada tab Lens, bagian focal length, ganti menjadi  10.
      focal-length-default
      Maka tampilan akan terlihat jauh seperti dibawah ini 
      camera-view-focal-length-10
    27. Ganti  focal length, ganti menjadi  70. Maka tampilan akan terlihat dekat seperti dibawah ini
       camera-view-focal-length-70
    28. Pada bagian Shift, ganti nila X dari 0 menjadi  5.
      camera-view-shift-default
      Maka tampilan akan terlihat jauh seperti dibawah ini 
      camera-view-shift
      Note : Perintah diatas dapat menggeser atau mengatur kembali lokasi frame yang akan dirender. Namun perintah ini tidak mengubah posisi dari objek camera, hanya frame yang ada pada objek camera
    29. Ubah kembali focal length menjadi 35. Ubah juga Shift ddengan sumbu X dan Y kembali menjadi 0
    30. Pada bagian clipping (Kolom disamping Shift) ubah nilai pada Start dari 0.100 menjadi 12.
      camera-view-clipping-default
      Perhatikan perubahan pada layar. Object torus tidak terlihat.
      camera-view-clipping-start
    31. Ubah kembali menjadi 0.100
    32. Selanjutnya ubah nilai End menjadi 10. Maka tampilan akan seperti dibawah ini
      camera-view-clipping-end
    33. Ubah kembali nilai End menjadi 100. Tampilan akan menjadi seperti semula. Note : Clipping merupakan salah satu setting yang dapat mengatur titik dimana camera akan memulai mengambil gambar (Start)  dan mengakhiri pengambilan gambar (End) 

    Kita dapat melakukan berbagai setting untuk mengatur camera view. Setting yang ada pada software blender dapat membantu kita untuk menampilkan hasil - hasil setelah render sesuai dengan yang kita inginkan. Anda dapat mengatur setting yang tersebut hingga sesuai dengan tampilan yang anda inginkan. 

    Referensi:
    Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
    Blender Documentation 
    (https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/navigate/camera_view.html?highlight=camera%20view)

    Contact

    Get in touch with me


    Adress/Street

    12 Street West Victoria 1234 Australia

    Phone number

    +(12) 3456 789

    Website

    www.johnsmith.com