Tutorial dalam format video menyusul.
Camera view merupakan sudut pandang yang kita dapatkan melalui objek camera. Tampilan yang ada pada camera view merupakan tampilan akhir yang akan dihasilkan apabila kita melakukan proses render. Pada artikel inikita akan bermain dengan camera view pada software blender.
- Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
- Tekan [Shift + A] > Mesh > Torus untuk menambahkan objek torus
- Tekan [G] untuk perintah ghrab
- Tekan [X] untuk melakukan grab sepanjang sumbu x
- Tekan [5] untuk melakukan grab sepanjang 5 unit blender
- Klik kanan mouse pada objek cube
- Tekan [0] nol untuk mengganti view pada camera view Note : Render yang dihasilkan adalah bagian dengan kotak yang lebih terang (tidak tertutup bagian abu - abu) pada 3D editor window
- Select render tab pada properties editor
- Anda bisa mngubah setting dari camera pada bagian dimensions seperti resolusi serta render presets
- Tekan [Ctrl + Alt + Q] untuk memasuki tampilan Quad view. Note : Pada quad view terdapat empat tampilan yaitu top ortho, right ortho, front ortho dan camera persp
- Pada top ortho, select camera
- Tekan [G] untuk melakukan perintah grab objek camera
- Gerakkan mouse perlahan. Perhatikan pada bagian jendela Camera Persp, tampilan juga ikut bergerak sesuai dengan objek camera. Kemudian objek camera tersebut juga akan terlihat berpindah pada tampilan right ortho serta front ortho.
- Klik kanan atau tekan [Esc] untuk membatalkan perintah
- Tekan [R] untuk perintah rotasi pada objek camera
- Gerakkan mouse secara perlahan. Perhatikan pada bagian jendela Camera Persp, tampilan juga ikut bergerak sesuai dengan objek camera. Note : Hal ini merupakan salah satu metode untuk mengatur camera sesuai dengan tampilan yang akan kita render nantinya.
- Untuk melihat hasil render, tekan [F12]. Hasilnya akan sesuai dengan ukuran yang ditampilkan pada camera view.
- Tekan [Esc] untuk keluar dari hasil render
- Tekan [Ctrl + Alt + Q] untuk keluar tampilan Quad view
- Tekan dan tahan [Scroll] mouse, lalu lkukan manuver dan cari posisi sehingga torus berada di depan objek kubus
- Pada bagian bawah 3D viewport window terdata menu view, Pilih View > Align > Align active camera to view. Toggle key perintah ini yaitu [Ctrl + Alt + Numpad 0]. Tampilan akan menjadi seperti dibawah ini.
- Untuk melihat hasil render, tekan [F12]. Hasilnya akan sesuai dengan ukuran yang ditampilkan pada camera view.
- Tekan [Esc] untuk keluar dari hasil render. Note : Langkah - langkah mengenai align active camera to view adalah salah satu metode untuk mengatur camera view pada blender
- Selanjutnya kita dapat mengatur camera view melalui properties editor yang berada pada sebelah kanan 3D viewport window dibawah outliner editor. Pilih tab object data dengan icon camera. Note : Icon object data akan berubah sesuai dengan object yang kita pilih.
- Pada bagian ini anda dapat mengubah setting. Resize tampilan hingga semua bagian terlihat jelas.
- Pada tab Lens, bagian focal length, ganti menjadi 10.
- Ganti focal length, ganti menjadi 70. Maka tampilan akan terlihat dekat seperti dibawah ini
- Pada bagian Shift, ganti nila X dari 0 menjadi 5.
- Ubah kembali focal length menjadi 35. Ubah juga Shift ddengan sumbu X dan Y kembali menjadi 0
- Pada bagian clipping (Kolom disamping Shift) ubah nilai pada Start dari 0.100 menjadi 12. Perhatikan perubahan pada layar. Object torus tidak terlihat.
- Ubah kembali menjadi 0.100
- Selanjutnya ubah nilai End menjadi 10. Maka tampilan akan seperti dibawah ini
- Ubah kembali nilai End menjadi 100. Tampilan akan menjadi seperti semula. Note : Clipping merupakan salah satu setting yang dapat mengatur titik dimana camera akan memulai mengambil gambar (Start) dan mengakhiri pengambilan gambar (End)
Kita dapat melakukan berbagai setting untuk mengatur camera view. Setting yang ada pada software blender dapat membantu kita untuk menampilkan hasil - hasil setelah render sesuai dengan yang kita inginkan. Anda dapat mengatur setting yang tersebut hingga sesuai dengan tampilan yang anda inginkan.
Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/navigate/camera_view.html?highlight=camera%20view)