Outliner editor merupakan bagian pada blender yang menyajikan informasi mengenai objek - objek yang ada pada 3D viewport window. Outliner editor dapat membantu kita mengorganisir objek - objek yang ada pada jendela kerja kita. Berikut ini merupakan langkah - langkah singkat untuk menunjukkan fungsi outliner editor.
- Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
- Tekan [Shift + A] > Mesh > Torus untuk menambahkan objek torus
- Tekan [G] untuk perintah ghrab
- Tekan [X] untuk melakukan grab sepanjang sumbu x
- Tekan [5] untuk melakukan grab sepanjang 5 unit blender
- Klik kanan mouse pada objek cube
- Perhatikan panel yang ada pada bagian kanan atas yang terdapat list objek. Panel tersebut merupakan outliner editor.
- Perhatikan bahwa objek cube menpunyai highlight berwarna orange. Hal ini karena objek cube merupakan objek yang aktif (Select).
- Klik tanda plus yang berada disamping cube. Maka akan muncul elemen - elemen yang ada pada objek tersebut.
- Klik plus kembali disamping elemen cube.Maka akan muncul elemen selanjutnya. Elemen terakhir yang muncul yaitu elemen texture.
- Klik kanan pada torus, maka pada outliner editor akan muncul highlight kuning yang menandakn objek tersebut aktif.
- Select kembali objek cube
- Kita dapat mengganti tampilan outliner editor dengan menekan tombol view yang ada pada bagian atas panel outliner editor.
Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/outliner.html?highlight=outliner%20editor)
0 comments:
Posting Komentar