• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Global dan Local Orientation pada Blender

Version : Blender 2.78
Tutorial dalam format video menyusul.

Secara default, setting orientation pada blender merupakan global orientation.Global orientation akan selalu konstan pada sumbu x,y, dan z serta tidak tergantung pada object maupun tampilan yang dipilih.
global-local-orientation-blender
Berikut ini merupakan demonstrasi mengenai global dan local orientation yang mungkin berguna saat kita melakukan modelling.

  1. Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
  2. Tekan [Shift + A] pilih mesh > torus. (Ingat, kursor harus berada dalam jendela 3D viewport)
  3. Objek torus akan terselect secara otomatis. 
  4. Tekan [G] untuk grab
  5. Tekan [X] untuk melakukan manipulasi sepanjang sumbu X
  6. Tekan [4] untuk memanipulasi objek sepanjang 4 unit blender. Klik kiri untuk konfirmasi manipulasi
  7. Tekan [numpad 5] untuk berganti menjadi orthographic view
  8. Tekan [numpad 1] untuk berganti menjadi front ortho sehingga tampilan akan menjadi seperti di bawah ini
    Global Local Orientation
  9. Tekan [R] untuk merotasi objek
  10. Tekan [Y] untuk merotasi objek sepanjang sumbu y. Kemudian rotasi kira - kira 45 derajat sehingga akan seperti dibawah ini
    Global Local Orientation
  11. Ganti orientasi dari global ke local pada orientation box yang terdapat di bagian bawah 3D viewport seperti gambar  dibawah ini
    orientation tab
    Note: posisi sumbu pada torus akan berubah mengikuti objek seperti dibawah ini
    Local orientation
  12. Klik kanan untuk select cube. Note : objek cube tidak dirotasi sehingga mempunyai kesamaan antara global and local orientation
  13. Tekan [R] untuk merotasi objek
  14. Tekan [Y] untuk merotasi objek sepanjang sumbu y. Kemudian rotasi kira - kira 45 derajat sehingga akan seperti dibawah ini
    Cube Local Orientation
    Note: sumbu objek cube juga ikut berpindah sesuai dengan posisi objek
  15. Klik kanan pada objek torus untuk select torus
  16. Tekan [S] untuk melakukan manipulasi scaling
  17. Tekan [X] untuk manipulasi sepanjang sumbu x
  18. Tekan [2] untuk scaling sepanjang 2 unit blender
  19. Pilih Rotate pada manipulator widget yang ada pada bagian bawah 3D viewport
    Rotate Manipulator
  20. Rotasi sumbu yang ada sehingga terlihat sumbu yaitu sumbu x, y, dan z seperti di bawah ini
    Rotate manipulator widget
  21. Pilih Translate pada manipulator widget
  22. Klik kanan cube untuk select objek tersebut
  23. Tekan [Shift + D] lalu tekan klik kiri untuk melakukan perintah duplikat
  24. Geser objek sepanjang sumbu x dengan mengklik dan menahannya pada sumbu x (panah berwarna merah). Note: Objek cube yang telah diduplikasi juga memiliki kesamaan orientasi dengan cube sebelumnya
Demonstrasi diatas menunjukkan mengenai cara menggunakan global dan local orientation. Terdapat orientation lain seperti gimbal, view, dan normal.

Referensi :

Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://www.blender.org/manual/editors/3dview/object/transform/transform_control/transform_orientations.html?highlight=global%20orientation)



0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com