Tutorial dalam format video menyusul.
Blender mempunyai dua perintah untuk duplikasi objek, yaitu duplicate dan linked duplicate. Perintah duplicate akan melakukan copy objek. Objek yang baru tersebut akan serupa secara visual dan mempunyai elemen - elemen (data blocks) yang sama dengan objek sumber. Sedangkan linked dupcilate akan melakukan duplikasi objek yang sama namun antara objek baru dan objek sumber akan saling terhubung. Apabila kita melakukan modifikasi pada objek baru, maka objek sumber juga akan mengalami modifikasi. Langkah - langkah dibawah ini merupakan praktek sederhana mengenai duplikasi.
- Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
- Tekan [5] untuk berpindah ke orthographic view
- Tekan [1] untuk berpindah ke tampilan front ortho
- Tekan [Shift + D] maka perintah duplicate akan berjalan. Objek yang baru berada pada posisi yang sama dengan objek sumber. Gerakan mouse dan arahkan diatas objek sumber. Tampilan akan terlihat seperti ini
- Klik kanan objek sumber kembali sehingga menjadi objek aktif.
- Lakukan duplikasi kembali dengan mengklik tombol Duplicate pada properties panel yang ada pada 3D viewport window
- Setelah itu, tekan [Z]
- Tekan [3] dilanjutkan tekan [-] (Tombol disamping angka 0). Sehingga objek akan berpindah seperti dibawah ini
- Tekan [Tab] untuk berpindah ke edit mode. Nonaktifkan limit selection to visible dengan mengklik tombol seperti gambar dibawah ini. Apabila tidak aktif, tombol berwarna abu - abu terang
- Tekan [A] untuk deselect semua objek
- Tekan [B] untuk melakukan box select dan select vertices dari objek cube paling bawah. Select vertices yang berada pada sisi kiri
- Tekan [E] untuk perintah extrude. Tekan [X[ untuk extrude sepanjang sumbu x. Lanjutkan dengan tekan [-] diikuti [1]
- Tekan [Tab] kembali.
- Pastikan objek terakhir tetap aktif. Ganti warna objek tersebut dengan klik tombol material pada properties editor yang ada di sebelah kanan. Pada kolom diffuse, klik kiri, dan ganti nilai R dengan 0.200 dan G dengan 0.200.
- Perhatikan bahwa objek - objek yang ada semuanya berubah warna. Note : Pada perintah duplication, elemen material pada objek sumber dan objek baru adalah sama. Apabila kita menggannti material, maka semuanya juga akan mengikuti perubahan tersebut.
- Kita lihat pada outliner editor, pada setiap objek klik tanda + hingga muncul elemen material maka akan terlihat bahwa objek tersebut memiliki material yang sama. Perhatikan juga bahwa ketiga objek tersebut memiliki elemen mesh yang berbeda sehingga modifikasi elemen mesh objek tidak terpengaruh satu dengan yang lain.
- Selanjutnya, kita akan melakukan linked duplication. Select objek cube yang paling atas.
- Tekan [Alt + D]
- Tekan [X] diikuti [3]
- Tekan [Tab] untuk masuk ke edit mode. Note : Pada perintah linked duplicate, objek sumber dan objek baru akan sama - sama aktif pada edit mode. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan salah satu objek akan mempengaruhi yang lain
- Tekan [A] untuk deselect semua objek
- Tekan [B].Pada salah satu objek, pilih dua vertices yang paling atas yang ada pada objek. Kedua objek akan sama - sama terselect seperti gambar dibawah ini
- Tekan [E] extrude. Tekan [Z] untuk extrude sepanjang sumbu Z
- Tekan [1] untuk extrude senpanjang 1 unit blender
- Klik kiri untuk konfirmasi perubahan
- Tekan [Tab] untuk kembali ke object mode
- Tekan [R] untuk perintah rotasi. Lalu tekan [Y]
- Tekan angka [9] dan [0]
Sekian demonstrasi singkat mengenai perintah duplikasi pada blender. Apabila ada hal yang masih ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar.
Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/object/transform/duplication.html?highlight=duplication)
0 comments:
Posting Komentar