• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Duplikasi pada Blender

Version : Blender 2.78
Tutorial dalam format video menyusul.

Blender mempunyai dua perintah untuk duplikasi objek, yaitu duplicate dan linked duplicate. Perintah duplicate akan melakukan copy  objek. Objek yang baru tersebut akan serupa secara visual dan mempunyai elemen - elemen (data blocks) yang sama dengan objek sumber. Sedangkan linked dupcilate akan melakukan duplikasi objek yang sama namun antara objek baru dan objek sumber akan saling terhubung. Apabila kita melakukan modifikasi pada objek baru, maka objek sumber juga akan mengalami modifikasi. Langkah - langkah dibawah ini merupakan praktek sederhana mengenai duplikasi.

  1.  Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
  2. Tekan [5] untuk berpindah ke orthographic view
  3. Tekan [1] untuk berpindah ke tampilan front ortho
  4. Tekan [Shift + D] maka perintah duplicate akan berjalan. Objek yang baru berada pada posisi yang sama dengan objek sumber. Gerakan mouse dan arahkan diatas objek sumber. Tampilan akan terlihat seperti ini
    duplication-blender
    Note : Setelah melakukan perintah duplikasi maka kita akan secara otomatis memasuki perintah grab. Hal ini berfungsi untuk memindahkan objek baru yang kita duplikasi. Setelah melakukan perintah duplikasi, kita dapat melakukan perpindahan objek baru sesuai dengan sumbu yang kita inginkan seperti X, Y, dan Z.
  5. Klik kanan objek sumber kembali sehingga menjadi objek aktif.
  6. Lakukan duplikasi kembali dengan mengklik tombol Duplicate pada properties panel yang ada pada 3D viewport window
    duplication-button
  7. Setelah itu, tekan [Z]
  8. Tekan [3] dilanjutkan tekan [-] (Tombol disamping angka 0). Sehingga objek akan berpindah seperti dibawah ini
    duplication-blender
  9. Tekan [Tab] untuk berpindah ke edit mode. Nonaktifkan limit selection to visible dengan mengklik tombol seperti gambar dibawah ini. Apabila tidak aktif, tombol berwarna abu - abu terang
    limit-visible-button
  10. Tekan [A] untuk deselect semua objek
  11. Tekan [B] untuk melakukan box select dan select vertices dari objek cube paling bawah. Select vertices yang berada pada sisi kiri
    duplication-blender
  12. Tekan [E] untuk perintah extrude. Tekan [X[ untuk extrude sepanjang sumbu x. Lanjutkan dengan tekan [-] diikuti [1]
    duplication-blender
  13. Tekan [Tab] kembali.
    duplication-blender
    Note : Perubahan yang dilakukan pada objek baru tidak menimbulkan modifikasi pada objek sumber
  14. Pastikan objek terakhir tetap aktif. Ganti warna objek tersebut dengan klik tombol material pada properties editor yang ada di sebelah kanan. Pada kolom diffuse, klik kiri, dan ganti nilai R dengan 0.200 dan G dengan 0.200.
    material-change
  15. Perhatikan bahwa objek - objek yang ada semuanya berubah warna.  Note : Pada perintah duplication, elemen material pada objek sumber dan objek baru adalah sama. Apabila kita menggannti material, maka semuanya juga akan mengikuti perubahan tersebut.
    duplication-change-material
  16. Kita lihat pada outliner editor, pada setiap objek klik tanda + hingga muncul elemen material maka akan terlihat bahwa objek tersebut memiliki material yang sama. Perhatikan juga bahwa ketiga objek tersebut memiliki elemen mesh yang berbeda sehingga modifikasi elemen mesh objek tidak terpengaruh satu dengan yang lain.
    outliner-editor
  17. Selanjutnya, kita akan melakukan linked duplication. Select objek cube yang paling atas.
  18. Tekan [Alt + D]
  19. Tekan [X] diikuti [3]
    linked-duplication
  20. Tekan [Tab] untuk masuk ke edit mode. Note : Pada perintah linked duplicate, objek sumber dan objek baru akan sama - sama aktif pada edit mode. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan salah satu objek akan mempengaruhi yang lain
  21. Tekan [A] untuk deselect semua objek
  22. Tekan [B].Pada salah satu objek, pilih dua vertices yang paling atas yang ada pada objek. Kedua objek akan sama - sama terselect seperti gambar dibawah ini
    linked-duplication-extrude
  23. Tekan [E] extrude. Tekan [Z] untuk extrude sepanjang sumbu Z
  24. Tekan [1] untuk extrude senpanjang 1 unit blender 
  25. Klik kiri untuk konfirmasi perubahan
  26. Tekan [Tab] untuk kembali ke object mode
  27. Tekan [R] untuk perintah rotasi. Lalu tekan [Y]
  28. Tekan angka [9] dan [0]
    transformation

    Note : Pada objek - objek hasil duplikasi baik melalui perintah duplicate maupun linked duplicate, objek - objek tersebut tidak akan mempengaruhi satu sama lain saat kita melakukan perintah transformasi seperti rotate, scale, dan traslate pada object mode. Hal ini karena blender mengenali objek tersebut sebagai objek yang berbeda.
Sekian demonstrasi singkat mengenai perintah duplikasi pada blender. Apabila ada hal yang masih ingin ditanyakan silakan tinggalkan di kolom komentar.

Referensi:

Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation 
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/object/transform/duplication.html?highlight=duplication)

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com