• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Pivot Points Blender

Version : Blender 2.78
Tutorial dalam format video menyusul.

pivot-points

Pivot point merpakan sebuah titik pada ruang 3D viewport yang berfungsi sebagai titik yang bisa menjadi poros untuk melakukan perintah scale dan rotate pada objek. Terdapat 5 pivot point pada blender yaitu Active Element, Median Point, Individual Origins, 3D Cursor, Bounding Box Center. Artikel ini akan menunjukkan perbedaan dari masing - masing pivot points melalui langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
  2. Pivot points terletak dibagian bawah 3D viewport window seperti gambar dibawah ini
    pivot-points-box
  3. Tekan [X] dan konfirmasi untuk menghapus objek cube
  4. Tekan [numpad 5] untuk berpindah ke Orthographic view
  5. Tekan [numpad 7] untuk berpindah ke Top ortho
  6. Tambahkan objek Monkey [Shift + A > Mesh > Monkey] lalu tekan [R] diikuti [X] dan tekan angka 2, 7, 0. Lakukan langkah tersebut untuk objek lainnya. Buat sebanyak 3 buah membentuk segitiga dengan seperti gambar dibawah ini
    pivot-points
  7. Klik kanan pada monkey yang berada paling kiri
    pivot-points-blender
    Note : Sumbu yang ada berpusat pada center point objek origin.
  8. Tekan [Shift] lalu klik kanan monkey yang ada di tengah sehingga akan menjadi seperti dibawah ini
    bounding-box
    Note : Secara default, pivot point pada blender merupakan bounding box center. Sehingga sumbu yang ada akan berada pada jarak yang sama diantara dua atau lebih objek yang aktif (select). Sumbu ini akan menjadi poros apabila kita akan melakukan perintah scale dan rotate.
  9. Kita akan melihat efek dari bounding box center dengan perintah Rotate. Tekan [R] dan gerakan mouse sehingga kedua objek akan berotasi dengan poros sumbu yang ada diantara keduanya.
  10. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  11. Selanjutnya kita akan melihat efek dari bounding box center dengan perintah Scale. Tekan [S] dan gerakan mouse untuk scaling kedua objek dengan poros sumbu yang ada diantara keduanya.
  12. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  13. Klik kotak disamping tombol pivot points yaitu manipulate center points seperti gambar dibawah ini
    manipulate center points
  14. Kita akan melakukan langkah rotate  dan scale lagi. Kita akan melihat efek dari manipulate center points dengan perintah Rotate. Tekan [R] dan gerakan mouse sehingga kedua objek akan berotasi dengan poros sumbu yang ada diantara keduanya. Note; Setiap objek tidak berotasi pada origin nya sendiri, namun berotasi mengelilingi sumbu yang ada diantara kedua objek. Hal ini karena origin kedua objek tersebut berotasi mengelilingi sumbu.
  15. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  16. Selanjutnya kita akan melihat efek dari manipulate center points dengan perintah Scale. Tekan [S] dan gerakan mouse untuk scaling kedua objek dengan poros sumbu yang ada diantara keduanya. Note; Setiap objek tidak terjadi scaling seperti sebelumnya (membesar) pada origin nya sendiri, namun scaling mendekati atau menjauhi sumbu yang ada diantara kedua objek. Hal ini karena origin kedua objek tersebut melakukan perintah scaling terhadap sumbu tetapi tidakpada objek itu sendiri.
  17. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  18. Klik lagi tombol manipulate center points disamping pivot points untuk menonaktifkan perintah tersebut
  19. Tekan [A] untuk deselect semua objek
  20. Select kembali objek paling kiri dengan klik kanan objek tersebut
  21. Pada pivot point box, pilih 3D cursor
  22. Perhatikan pada 3D cursor yang ada pada 3D viewport window. Klik kiri pada area manapun di 3D viewport window, maka 3D cursor akan mempunyai sumbu. Sumbu inilah yang akan menjadi poros kita dalam melakukan scale dan rotate.
  23. Letakan Cursor diatas monkey yang aktif (paling kiri). Tekan [R] untuk rotasi. Perhatikan bahwa objek akan berotasi dengan sumbu pada 3D cursor (pivot points).
  24. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  25. Tekan [Shift] dan klik kanan objek monkey yang berada di tengah
  26. Tekan [R] kembali untuk melakukan rotasi dan gerakkan mouse. Perhatikan kedua objek akan berotasi mengelilingi 3D cursor
  27. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  28. Kita akan mencoba pivot point yang lain. Pada pivot point box, pilih Individual Origins
  29. Tekan [R] untuk melakukan rotasi dan gerakkan mouse. Perhatikan kedua objek. Kedua objek tersebut akan berotasi dengan sumbu nya yaitu origin dari objek tersebut. 
  30. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  31. Selanjutnya, kita akan mencoba pivot point yang lain. Pada pivot point box, pilih Median Point
  32. Tekan [R] untuk melakukan rotasi dan gerakkan mouse. Median Point akan mempunyai efek yang sama dengan bounding box center
  33. Klik kanan mouse atau tekan [esc] untuk membatalkan perubahan
  34. Tekan [A] untuk deselect semua objek
  35. Reselect semua objek. Pertama klik kanan pada objek paling kiri, lalu tekan dan tahan [Shift] dilanjutkan objek paling kanan (klik kanan) dan terakhir objek yang berada di tengah (klik kanan).
    select-all-objects
    Note : Beberapa objek yang diselect akan berubah menjadi warna orange. Namun objek yang dianggap aktif adalah objek yang paling terakhir  kita select yang dicirikan dengan warna kuning yang lebih  muda. Dalam tutorial ini adalah objek monkey tengah.
  36. Selanjutnya, kita akan mencoba pivot point yang terakhir. Pada pivot point box, pilih Active Element
  37. Perhatikan sumbu yang ada sekarang akan berada pada objek yang aktif atau pada objek monkey tengah, lebih tepatnya pada center point origin dari objek tersebut.
  38. Tekan [R] untuk melakukan rotasi dan gerakkan mouse. Semua objek akan berotasi terhadap objek aktif (monkey tengah)
Pivot point dapat membantu menyelesaikan design - design yang akan kita buat pada blender. Perpaduan antara pivot points dan manipulate center points akan menciptakan kemungkinan - kemungkinan baru dalam manipulasi objek. Sehingga dibutuhkan banyak praktek agar pivot points dan manipulate center points mempercepat kinerja kita bukan melambatkannya.

Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation 
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/3dview/object/transform/transform_control/pivot_point/index.html?highlight=pivot%20points)

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com