• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Menambahkan Object pada Edit Mode

Version : Blender 2.78

Add object edit mode

Tutorial kali ini yaitu mengenai penambahan objek pada edit mode.  Hal ini harus kita ketahui apabila kita melakukan modelling pada blender. Penambahan objek pada saat edit mode akan membuat objek yang baru saja ditambahkan menjadi satu kesatuan dengan objek yang ada sebelumnya.

Apabila terdapat beberapa objek pada edit mode, maka objek yang baru ditambahkan akan menjadi satu kesatuan dengan objek yang terakhir kali di select. Untuk lebih jelasnya, kita lakukan langkah - langkah dibawah ini

  1. Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
  2. Tekan [numpad 5] untuk berganti menjadi orthographic view
  3. Tekan [numpad 1] untuk berganti menjadi front ortho 
  4. Tekan [Tab] untuk mengganti mode menjadi edit mode
  5. Tekan [A] untuk deselect semua object
  6. Klik kiri mouse disebelah kanan dari obyek cube
  7. Tekan [Shift+A] pilih UV Sphere. 
    Add UV Sphere Blender
  8. Lalu ganti ring dari 16 menjadi 8 pada panel yang ada di sebelah kiri pada 3D viewport window.
    Ring UV Sphere Blender
  9. Tekan [Tab] untuk kembali ke edit mode. Note : Perhatikan objek cube dan uv sphere yang baru ditambahkan semuanya terselect. Pada outliner editor kedua objek tersebut berada dalam satu objek yaitu cube seperti gambar di bawah ini.
    Outliner editor blender
  10. Tekan [Tab] untuk mengganti mode menjadi edit mode kembali
  11. Tekan [numpad 5] untuk berganti menjadi perspective view
  12. Tekan [numpad 1] untuk berganti menjadi front persp
  13. Klik Limit selection sehingga bagian belakang dari objek terlihat. Hal ini berguna apabila kita ingin melakukan select pada vertices. Vertices yang tidak terlihat atau terletak di belakang juga akan terselect.
    Limit selection blender

    objek akan terlihat seperti di bawah ini
    Object limit selection
    Note: Bagian belakang dari obyek yang tidak terlihat menjadi terlihat dengan garis.
  14. Tekan [B] untuk melakukan box select. Select uv sphere dengan menggunakan box yang ada
    Box selection blender
  15. Geser uv sphere menggunakan panah sumbu X sehingga bergeser sepanjang sumbu x dan masukkan ke dalam object cube
  16. Geser uv sphere sepanjang sumbu Y sehingga separuh bagian dari uv sphere berada didalam cube dan sebagian ada diluar
     UV Sphere Blender
  17. Tekan [A] untuk deselect
  18. Tekan [B] untuk box select dan select vertices dari uv sphere yang berada di dalam objek cube dan klik kiri untuk konfirmasi serta klik kanan untuk batal
    Box select blender
  19. Setelah terselect, tekan [X] untuk delete dan pilih vertices 
    Delete vertices blender
  20. Tekan [Tab] untuk kembali kedalam object mode. Sekarang objek yang ada merupakan gabungan dari cube dan uv sphere dalam satu objek
    Finish edit mode blender

Penambahan object pada edit mode dapat membantu kita dalam proses modelling. Kita dapat membentuk model 3D baru dengan menggunakan teknik ini. 

Referensi:

Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://https://www.blender.org/manual/editors/node_editor/nodes/editing.html?highlight=edit%20mode)

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com