Apabila terdapat beberapa objek pada edit mode, maka objek yang baru ditambahkan akan menjadi satu kesatuan dengan objek yang terakhir kali di select. Untuk lebih jelasnya, kita lakukan langkah - langkah dibawah ini
- Buka aplikasi blender. Kemudian akan muncul default scene pada blender
- Tekan [numpad 5] untuk berganti menjadi orthographic view
- Tekan [numpad 1] untuk berganti menjadi front ortho
- Tekan [Tab] untuk mengganti mode menjadi edit mode
- Tekan [A] untuk deselect semua object
- Klik kiri mouse disebelah kanan dari obyek cube
- Tekan [Shift+A] pilih UV Sphere.
- Lalu ganti ring dari 16 menjadi 8 pada panel yang ada di sebelah kiri pada 3D viewport window.
- Tekan [Tab] untuk kembali ke edit mode. Note : Perhatikan objek cube dan uv sphere yang baru ditambahkan semuanya terselect. Pada outliner editor kedua objek tersebut berada dalam satu objek yaitu cube seperti gambar di bawah ini.
- Tekan [Tab] untuk mengganti mode menjadi edit mode kembali
- Tekan [numpad 5] untuk berganti menjadi perspective view
- Tekan [numpad 1] untuk berganti menjadi front persp
- Klik Limit selection sehingga bagian belakang dari objek terlihat. Hal ini berguna apabila kita ingin melakukan select pada vertices. Vertices yang tidak terlihat atau terletak di belakang juga akan terselect.
- Tekan [B] untuk melakukan box select. Select uv sphere dengan menggunakan box yang ada
- Geser uv sphere menggunakan panah sumbu X sehingga bergeser sepanjang sumbu x dan masukkan ke dalam object cube
- Geser uv sphere sepanjang sumbu Y sehingga separuh bagian dari uv sphere berada didalam cube dan sebagian ada diluar
- Tekan [A] untuk deselect
- Tekan [B] untuk box select dan select vertices dari uv sphere yang berada di dalam objek cube dan klik kiri untuk konfirmasi serta klik kanan untuk batal
- Setelah terselect, tekan [X] untuk delete dan pilih vertices
- Tekan [Tab] untuk kembali kedalam object mode. Sekarang objek yang ada merupakan gabungan dari cube dan uv sphere dalam satu objek
Penambahan object pada edit mode dapat membantu kita dalam proses modelling. Kita dapat membentuk model 3D baru dengan menggunakan teknik ini.
Referensi:
Neal Hirsig (http://ocw.tufts.edu/Course/71)
Blender Documentation
(https://https://www.blender.org/manual/editors/node_editor/nodes/editing.html?highlight=edit%20mode)
Blender Documentation
(https://https://www.blender.org/manual/editors/node_editor/nodes/editing.html?highlight=edit%20mode)
0 comments:
Posting Komentar