• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Blender Tutorial : Mengubah Images Sequence menjadi Video

Version : Blender 2.78Tutorial dalam format video menyusul.
Movie Clip Editor
File gambar hasil dari vdeo squence editor dapat diubah kembali menjadi video. Format video yang dihasilkan bermacam - macam seperti avi, mp4, dan sebagainya. Sehingga, blender sebenarnya dapat difungsikan sebagai video konverter. Berikut ini adalah langkah - langkah mengubah images sequence menjadi video. Apabila anda belum mengerti mengenai konversi video menjadi image sequence, berikut artikel mengenai cara mengubahnya.
  1. Buka aplikasi blender.
  2. Ganti editor menjadi Video Sequence Editor
    Video Sequence Editor
  3. Pilih Add > Image untuk menambahkan file. Pilih semua file image sequence yang akan digunakan. 
  4. Pada sequencer, terlihat jumlah frame file video. Ganti jumlah default frame pada  timeline editor yang berjumlah 250 menjadi jumlah frame total video. Pada file saya berjumlah 371.
    end frame
    Atau arahkan frame aktif (garis hijau ke akhir frame pada video tersebut dan tekan tombol [E] maka jumlah frame pada timeline editor akan sesuai dengan file video. Note : saat menekan [E] arahkan kursor ke timeline editor.
  5. Pada properties editor, buka tab render. Pada resolution panel, set resolusi menjadi 720p yaitu X ; 1280 px Y ; 720 px dengan percentage resolusi 100 %. Set  frame rate menjadi 30 fps. Setting ini juga dapat disesuaikan menurut keinginan anda.
    resolution
  6. Scroll ke bawah. Pada bagian output, ubah formatnya menjadi MPEG. Lalu pilih lokasi folder untuk menempatkan hasil render.
    MPEG
  7. Selanjutnya pada Encoding panel, silakan pilih setting sesuai keinginan anda. Setting yang saya gunakan seperti dibawah ini
    Encoding
  8. Setelah selesai tekan tombol Animation untuk merender images sequence menjadi video dengan format sesuai dengan setting sebelumnya.
    Render Button

  9. Setelah proses render selesai, buka folder hasil render. Maka file hasilnya sudah berformat video.
Blender mempunyai berbagai macam fungsi. Salah satu fungsi yang bisa kita gunakan adalah konversi video seperti diatas. Bagi yang ingin berkomentar silakan tinggalkan komentar pada kolom Disquss dibawah.

Referensi:
Blender Documentation
(https://docs.blender.org/manual/en/dev/editors/movie_clip_editor/index.html?highlight=movie%20clip%20editor)

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com