• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Blender Tutorial : Render Cepat dan Gratis Menggunakan Sheep it Renderfarm

Blender mempunyai render engine bawaan yang  powerful yaitu cycles render. Output yang dihasilkan cycles render lebih realistis apabila dibandingkan dengan blender render. Pastinya, setelah selesai membuat karya dengan Blender, kita ingin melihat hasil akhirnya setelah render. Lalu setelah menekan tombol untuk render, proses render membutuhkan waktu yang lama. Proses render bisa berjam – jam, berhari- hari bahkan berbulan – bulan. Selanjutnya kita ingin mempercepat proses render tersebut. Kita bisa membeli komputer atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi dan berharga belasan hingga puluhan juta. Atau  kita bisa menyewa render farm. Bagi yang belum tahu renderfarm silakan mampir ke artikel Apa itu renderfarm? Renderfarm  yaitu pihak – pihak yang memberikan jasa untuk melakukan proses rendering. Nah, salah satu alternatif apabila anda ingin melakukan render dengan cepat dan gratis anda bisa menggunakan Sheep-it Renderfarm. Kita tinggal upload file .blend kita dan kita ttunggu prosesnya. Setelah selesai  tinggal download filenya. Sangat mudah. Nah, berikut ini langkah- langkah menggunakan Sheep-it Renderfarm.
  1. Buka file .blend yang akan dirender
  2. Lakukan setting pada properties editor bagian tab render. Setting yang saya gunakan yaitu resolusi X: 1920 px Y: 1280 px dengan scale percentage 100%. Apabila anda ingin merender animasi silakan lakukan setting pada frame yang digunakan.
    render-setting
  3. Save file yang akan dirender
  4. Buka situs Sheep It Renderfarm
  5. Log In dengan akun anda, apabila belum mempunyai akun silakan Sign Up
  6. Kemudian buka menu Project dan klik tombol Add Project. Note : Semakin banyak point kita maka semakin tinggi prioritas render file kita. Apabila kita mempunyai point yang cukup banyak maka akan semakin cepat render kita diselesaikan.
    sheep-it
  7. Upload file yang akan dirender
    upload-blend
  8. Setelah itu, akan muncul halaman baru untuk setting render. Ada dua tipe render, yaitu Single Frame dan Animation. Jika memilih animasi, maka masukkan frame yang akan dirender. Silakan pilih sesuai keinginan anda. 
    setting
  9. Tekan tombol add this blend jika sudah selesai setting
  10. File kita sudah ditambahkan
    administration
  11. Kita bisa melihat proses nya melalui halaman akun kita. 
    account
  12. Pada bagian Latest Project akan muncul file yang kita render. Klik link tersebut
  13. Kemudian muncul halaman mengenai render file kita
    render-output
  14. Apabila sudah selesai proses render nya. Maka bagian halaman Latest project menjadi seperti dibawah ini
    rendered
  15. Kita klik pada project kita . Lalu kita bisa mendownload frame kita tadi
  16. Apabila render kita berupa animasi, maka bisa mendownload file berupa format video mp4 atau semua frame yang ada. Kemudian kita dapat menjadikan gambar frame tersebut menjadi video melalui video sequence editor Blender melalu langkah ini.
    output
Sangat mudah untuk render melalui Sheep It Renderfarm.

1 komentar:

  1. aku dah nyoba render di sheep it ini cara seeting file blend yang harus diaplod gimana ya ... soalnya texture unwrap UV saya nggak muncul saat render

    BalasHapus

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com