Pada tutorial kali ini, saya akan membuat Shadow Catcher pada Cycles render. Shadow Catcher yang saya buat ini akan digabungkan dengan objek 3D yang dibuat dari blender serta foto yang saya ambil beberapa waktu yang lalu. Kemudian saya akan menggabungkan ketiga elemen tersebut menjadi satu. Selanjutnya dirender menjadi sebuah gamabr dengan objek baru yang telah ditambahkan pada foto. File untuk tutorial :
Via Google Drive
Via Dropbox
Via Google Drive
Via Dropbox
Berikut langkah - langkahnya
- Buka file blend yang digunakan pada artikel ini
- Tekan [Shift + A] lalu pilih Mesh > Plane.
- Pastikan Plane adalah objek yang aktif. Apabila belum klik kanan objek plane. Selanjutnya tekan [S] lalu angka 3 untuk scale Plane sebesar 3 unit
- Tekan [G] lalu [Y] dilanjutkan dengan [-] (minus) dan angka 2. Perintah ini untuk menggeser Plane sepanjang 2 unit pada sumbu Y ke arah kiri
- . Tekan [G] lalu [X] dilanjutkan dengan angka 2. Perintah ini untuk menggeser Plane sepanjang 2 unit pada sumbu X. Posisinya sekarang seperti gambar dibawah ini
- Tekan M, lalu pindahkan Plane ke layer 10
- Pada Outliner Editor, Tekan [Shift] lalu klik kiri Lamp dan Camera. Sehingga kedua objek tersebut objek yang aktif.
- Lalu tekan M dan Tekan [Shift] lalu klik kiri layer 10. Sehingga objek Lamp dan Camera berada pada dua layer yaitu layer 1 dan 10
- Pada 3D viewport editor, aktifkan layer 1 dan sepuluh dengan menekan tomnol [Shift] dan pilih kedua layer tersebut.
- Ganti tampilan menjadi Compositing
- Pada Node Editor, tekan [A] kemudian dilanjutkan [X] lalu [Enter] untuk menghapus semua node yang ada
- Pada properties editor, buka tab Scene. Kemudian pilih tombol + dan tambahkan dua scene baru
- Pada scene RenderLayer, klik kiri dua kali untuk mengganti namanya dan ganti menjadi Object
- Kemudian pada Scene Object, ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada
- Ubah nama RenderLayer.001 menjadi Shadow. Ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada bagian Scene tekan shift dan klik kiri untuk menambahkan layer yang akan dirender. Lalu pada bagian layer, aktifkan saja layer sepuluh dengan klik kiri layer sepuluh
- Ubah nama RenderLayer.002 menjadi ShadowCatcher. Ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada bagian Scene tekan shift dan klik kiri untuk menambahkan layer yang akan dirender. Lalu pada bagian layer, aktifkan saja layer sepuluh dengan klik kiri layer sepuluh. Lalu pada bagian exclude, pilih layer satu dengan mengklik kiri layer tersebut
- Pada tab Render, scroll ke bagian film. Lalu aktifkan transparent
- Kembali ke node editor. Pastikan Use Nodes dan Backdrop aktif. Backdrop akan menampilkan secara realtime perubahan yang kita lakukan pada proses Compositing.
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Output > Composite
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Output > Viewer
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Input > Render Layers sebanyak tiga kali
- Ganti Render Layers masing - masing menjadi Object, Shadow, dan ShadowCatcher
- Susunan nya seperti dibawah ini
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Color > Mix. Ganti Mix menjadi Substract.
- Hubungkan Node ShadowCatcher dan Shadow ke Node Substract
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >Invert. Hubungkan Node Substract ke Node Invert
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >RGB Curves. Hubungkan Node Invert ke Node RGB Curves
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Color > Mix. Ganti Mix menjadi Multiply.
Hubungkan Node RGB Curves ke Node Multiply. Hubungkan pada titik kuning bagian bawah.
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Input > Image. Ganti menjadi gambar 074.png. Lalu tekan [Shift+A] lalu pilih Distort > Scale. Pada node Scale ganti Relative menjadi Render Size.
- Hubungkan Node Image ke Node Multiply bagian titik kuning sebelah atas. Hubungkan pada titik sebelah atas.
- Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >Alpha Over. Lalu hubungkan Node Multiply dengan Node Alpha Over. Seperti gambar dibawah ini.
- Selanjutnya kita hubungkan Node Object (Render Layers) pada Node Alpha Over. Seperti gambar dibawah ini
- Zoom pada bagian Node RGB Curves. Atur kurva hingga berbentuk seperti dibawah ini. Note : kurva ini mengatur warna hitam dari bayangan yang kita buat dari objek nantinya.
- Selanjutnya hubungkan Node Alpha Over ke Node Composite dan Node Viewer
- Maka Node secara keseluruhan akan seperti dibawah ini
- Tambahkan material pada object Cube.
- Pada properties editor bagian Lamp. Ganti Lamp dari point menjadi sun.
- Selanjutnya tekan tombol render pada properties editor
- Maka gambar akan menjadi seperti ini.
- Ubah posisi object Lamp. Anda bisa melakukan perintah Rotation atau Transform agar arah cahaya object Lamp menghasilkan bayangan yang realistis sesuai foto.
- Lakukan render kembali.
- Warna dari bayangan dapat diatur pada RGB Curves node. Kurva yang ada mempunyai batasan. Posisi kurva dapat membuat hasil menjadi seperti gambar dibawah ini. Sehingga pengaturan posisi kurva sangat menentukan hasil dari bayangan.
Setting shadow cacther seperti ini sering saya gunakan untuk compositing objek 3D dengan video atau foto yang saya rekam. Hasilnya akan memberikan bayangan dari objek 3D. Warna hitam dari bayangan dapat diatur dari RGB curves. Kemudian Objek Plane bertugas untuk menangkap bayangan namun tidak ditampilkan dalam render. Bagi yang ingin berkomentar dan bertanya silakan tinggalkan di kolom Disquss dibawah.
0 comments:
Posting Komentar