• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Membuat Bayangan (Shadow Catcher) pada Cycles Render Blender

Pada tutorial kali ini, saya akan membuat Shadow Catcher  pada Cycles render. Shadow Catcher yang saya buat ini akan digabungkan dengan objek 3D yang dibuat dari blender serta foto yang saya ambil beberapa waktu yang lalu. Kemudian saya akan menggabungkan ketiga elemen tersebut menjadi satu. Selanjutnya dirender menjadi sebuah gamabr dengan objek baru yang telah ditambahkan pada foto. File untuk tutorial :
Via Google Drive
Via Dropbox

Shadow Catcher GIF

Berikut langkah - langkahnya
  1. Buka file blend yang digunakan pada artikel ini
  2. Tekan [Shift + A] lalu pilih Mesh > Plane.
  3. Pastikan Plane adalah objek yang aktif. Apabila belum klik kanan objek plane. Selanjutnya tekan [S] lalu angka 3 untuk scale Plane sebesar 3 unit 
  4. Tekan [G] lalu [Y] dilanjutkan dengan [-] (minus) dan angka 2. Perintah ini untuk menggeser Plane sepanjang 2 unit pada sumbu Y ke arah kiri
  5. . Tekan [G] lalu [X] dilanjutkan dengan angka 2. Perintah ini untuk menggeser Plane sepanjang 2 unit pada sumbu X. Posisinya sekarang seperti gambar dibawah ini

    Object
  6. Tekan M, lalu pindahkan Plane ke layer 10
    Layer 10
  7. Pada Outliner Editor, Tekan [Shift] lalu klik kiri Lamp dan Camera. Sehingga kedua objek tersebut objek yang aktif.
    Outliner
  8. Lalu tekan M dan Tekan [Shift] lalu klik kiri layer 10. Sehingga objek Lamp dan Camera berada pada dua layer yaitu layer 1 dan 10
  9. Pada 3D viewport editor, aktifkan layer 1 dan sepuluh dengan menekan tomnol [Shift] dan pilih kedua layer tersebut.
    Layer 1 dan 10
  10. Ganti tampilan menjadi Compositing
    compositing
  11. Pada Node Editor, tekan [A] kemudian dilanjutkan [X] lalu [Enter] untuk menghapus semua node yang ada
  12. Pada properties editor, buka tab Scene. Kemudian pilih tombol + dan tambahkan dua scene baru
    Scene
  13. Pada scene RenderLayer, klik kiri dua kali untuk mengganti namanya dan ganti menjadi Object
  14. Kemudian pada Scene Object, ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada
    bagian Scene tekan shift dan klik kiri untuk menambahkan layer yang akan dirender. Lalu pada bagian layer, aktifkan saja layer satu dengan klik kiri layer satu
    Object
  15. Ubah nama RenderLayer.001 menjadi Shadow. Ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada bagian Scene tekan shift dan klik kiri untuk menambahkan layer yang akan dirender. Lalu pada bagian layer, aktifkan saja layer sepuluh dengan klik kiri layer sepuluh
    Shadow Scene
  16. Ubah nama RenderLayer.002 menjadi ShadowCatcher. Ubah setting layer menjadi seperti gambar dibawah ini. Pada bagian Scene tekan shift dan klik kiri untuk menambahkan layer yang akan dirender. Lalu pada bagian layer, aktifkan saja layer sepuluh dengan klik kiri layer sepuluh. Lalu pada bagian exclude, pilih layer satu dengan mengklik kiri layer tersebut
    ShadowCatcher
  17. Pada tab Render, scroll ke bagian film. Lalu aktifkan transparent
    Transparent
  18. Kembali ke node editor. Pastikan Use Nodes dan Backdrop aktif. Backdrop akan menampilkan secara realtime perubahan yang kita lakukan pada proses Compositing.
  19. Tekan [Shift+A] lalu pilih Output > Composite
    Composite Node
  20. Tekan [Shift+A] lalu pilih Output > Viewer
    Viewer Node
  21. Tekan [Shift+A] lalu pilih Input > Render Layers sebanyak tiga kali
  22. Ganti Render Layers masing - masing menjadi Object, Shadow, dan ShadowCatcher
  23. Susunan nya seperti dibawah ini
    Render Layers Node
  24. Tekan [Shift+A] lalu pilih Color > Mix. Ganti Mix menjadi Substract. 
    Substract Node
  25. Hubungkan Node ShadowCatcher dan Shadow ke Node Substract
  26. Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >Invert. Hubungkan Node Substract ke Node Invert
    Invert
  27. Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >RGB Curves. Hubungkan Node Invert ke Node RGB Curves
    RGB Curves
  28. Tekan [Shift+A] lalu pilih Color > Mix. Ganti Mix menjadi Multiply. Hubungkan Node RGB Curves ke Node Multiply. Hubungkan pada titik kuning bagian bawah.
    Multiply
  29. Tekan [Shift+A] lalu pilih Input > Image. Ganti menjadi gambar 074.png. Lalu tekan [Shift+A] lalu pilih Distort > Scale. Pada node Scale ganti Relative menjadi Render Size.
    Scale
  30. Hubungkan Node Image ke Node Multiply bagian titik kuning sebelah atas. Hubungkan pada titik sebelah atas.
    Scale to Multiply
  31. Tekan [Shift+A] lalu pilih Color >Alpha Over. Lalu hubungkan Node Multiply dengan Node Alpha Over. Seperti gambar dibawah ini.
    node
    alpha over

  32. Selanjutnya kita hubungkan Node Object (Render Layers) pada Node Alpha Over. Seperti gambar dibawah ini
    render layers
  33. Zoom pada bagian Node RGB Curves. Atur kurva hingga berbentuk seperti dibawah ini. Note : kurva ini mengatur warna hitam dari bayangan yang kita buat dari objek nantinya.
    bayangan
  34. Selanjutnya hubungkan Node Alpha Over ke Node Composite dan Node Viewer
    node composite
  35. Maka Node secara keseluruhan akan seperti dibawah ini
    all nodes
  36. Tambahkan material pada object Cube.
    Material Cube
  37. Pada properties editor bagian Lamp. Ganti Lamp dari point menjadi sun.
    Lamp
  38. Selanjutnya tekan tombol render pada properties editor
  39. Maka gambar akan menjadi seperti ini.
    Render
  40. Ubah posisi object Lamp. Anda bisa melakukan perintah Rotation atau Transform agar arah cahaya object Lamp menghasilkan bayangan yang realistis sesuai foto.
  41. Lakukan render kembali.
    Render second
  42. Warna dari bayangan dapat diatur pada RGB Curves node. Kurva yang ada mempunyai batasan. Posisi kurva dapat membuat hasil menjadi seperti gambar dibawah ini. Sehingga pengaturan posisi kurva sangat menentukan hasil dari bayangan.
    Curve kelebihan

    Curve kelebihan 2

Setting shadow cacther seperti ini sering saya gunakan untuk compositing objek 3D dengan video atau foto yang saya rekam. Hasilnya akan memberikan bayangan dari objek 3D. Warna hitam dari bayangan dapat diatur dari RGB curves. Kemudian Objek Plane bertugas untuk menangkap bayangan namun tidak ditampilkan dalam render. Bagi yang ingin berkomentar dan bertanya silakan tinggalkan di kolom Disquss dibawah.

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com