• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Renderfarm? Apa itu?

Renderfarm adalah pihak - pihak yang menyediakan jasa untuk melakukan render. File yang dapat dirender tergantung dari pihak penyedia jasa. Beberapa penyedia dikhususkan untuk Software Blender. Namun ada juga pihak yang menyediakan file dari berbagai macam software seperti Maya, Cinema 4D, 3ds Max, Lightwave, dan sebagainya. Sebagian besar harga yang ditawarkan untuk melakukan render tergantung dari kapasitas dari komputer yang digunakan seperti CPU dan GPU. Dibawah ini beberapa contoh renderfarm [tidak ada maksud untuk berpromosi :)]

renderfarm
1. Blendergrid
Blendergrid merupakan renderfarm untuk software blender. Kita dapat melihat harga render untuk file yang akan kita render setelah menguploadnya di blendergrid. Kemudian kita bisa melanjutkan render apabila harga yang ditawarkan blendergrid kita setujui. Jadi kita dapat memastikan terlebih dahulu biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan render. 
blendergrid
 Blendergrid setting untuk render

Renderfarm ini menawarkan berbagai pilihan harga yaitu pay per hour, pay per month, dan studio plan. Pay per month merupsksn layanan yang dapat kita gunakan untuk rendering dengan jumlah yang tak terbatas (unlimited) namun tiap frame maksimal di render selama 15 menit.
Render Street
Salah satu layanan Render Street

3. Amazon Web Service
Kita dapat melakukan render dengan Amazon Web Service (AWS). Sederhananya, kita menyewa cloud computers dari AWS, lalu membuat renderfarm melalui sumber daya yang kita sewa tersebut. Untuk melakukan rendering, kita dapat menggunakan Brenda untuk menyusun renderfarm kita dari AWS. Prosesnya dapat dilihat di artikel Blendernation.
AWS
Render menggunakan Amazon Web Service

4. Microsoft Azure
Kita juga dapat melakukan render dengan Microsoft Azure. Prinsipnya sama seperti AWS. Jadi kita menyewa sumber daya yang ada pada microsoft azure lalu menggunakannya untuk membuat renderfarm bagi blender seperti pada artikel microsoft ini.
Azure
Render Blender menggunakan Azure

5. Sheep It Renderfarm
Sheep It Renderfarm merupakan renderfarm yang didirikan dengan semangat komunitas. Biaya dari renderfarm ini adalah gratis. Sumber daya yang digunakan untuk membentuk renderfarm adalah milik semua member yang tergabung disini. Jadi tugas render akan diselesaikan oleh anggota Sheep It Renderfarm. Untuk melaukan render anda bisa melihat langkah- langkahnya pada artikel ini.

Sheep it
Sheep It Renderfarm

Banyak sekali renderfarm yang ada saat ini. Kita bisa menggunakan jasa pihak - pihak tersebut. Kita bisa menggunakan sumber daya dan biaya yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Happy  Rendering!

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com