• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Akhirnya Bisa Mencicipi Masak Habang Khas Kalimantan Selatan

Setelah sekian tahun berandai - andai mengenai Kalimantan, akhirnya saya bisa juga menginjakkan kaki di Kalimantan. Dan provinsi pertama yang saya kunjungi adalah Kalimantan Selatan. Ulala~
Nah, sebenernya saya mencoba dua kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan yaitu Soto Banjar dan Masak Habang. Namun pada artikel ini saya akan membahas mengenai masak habang. Masak Habang ini mirip sekali dengan bahasa jawa masak abang yang berarti masakan berwarna merah. Saya mencoba kuliner ini di sebuah warung,  yaitu warung tenda biru. Penampakan warungnya seperti dibawah ini. 
warung tenda biru
Warung "Tenda Biru" di daerah Gambut
Warung ini cukup luas. Mungkin dulu saat awal berdiri hanya memakai tenda biru dan sekarang sudah berkembang sehingga sudah memakai atap. 😁
Saya tiba di warung ini sekitar pukul 11 siang. Sampai disana, rasanya panas mungkin karena ramai dan hanya disediakan kipas angin di warung tersebut.
Baru mau cari kursi ternyata sudah banyak yang selesai makan siangnya.
Di depan warung ini sudah disediakan bungkusan - bungkusan dengan daun pisang. Saya sempet bertanya dan memesan satu porsi masak habang dan salah satu pelayan memberitahu saya untuk mengambil bungkusan - bungkusan berdaun pisang tesebut. Ternyata bungkusan itu sudah berisi satu porsi masak habang dengan pilihan lauk Telur (telur rebus disebut juga Intalu), Ikan Haruan (Ikan Gabus), dan Itik, Hati, Rempela. 
Masak Habang
Bungkusan yang sudah disiapkan
Menu yang saya pilih yaitu masak habang dengan lauk itik. Masak habang ini sekilas mirip dengan bumbu rendang yang berwarna merah namun tidak pedes sama sekali. Rasanya lumayan enak.
Satu porsi masak habang
Satu porsi masak habang
Jadi isinya cuma itik yang dibalut dengan bumbu masak habang. Tidak ada sayur ataupun lauk yang lain. Hanya itu saja teman - teman. Penampilannya juga biasa - biasa saja. Daging itiknya dimasak hingga cukup lembut. Buat yang suka pedes silakan ambil cabe yang sudah disediakan. Sebenernya ada sambalnya, namun sambal yang disediakan tidak pedas tapi rasanya asam. 😆

Harganya berapaan? Okay, harga satu porsi ini dibanderol antara 13 - 17ribu rupiah, tergantung lauk yang kita pilih. Nah, satu fakta menarik lainnya yaitu kawasan gambut ini merupakan cikal bakal penamaan tanah gambut yang sering terbakar itu, baik yang ada di Kalimantan ataupun Sumatera. Tertarik mencoba masak habang? Warung ini berada di Jalan A. Yani km 14, Gambut, Banjarmasin.
Bagi yang sedang wisata ke Banjarmasin silakan mencoba kuliner masak habang ini.
😉

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com