• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Mengunjungi 40 Museum di Jogja City Mall

Museum GIF
17-21 Mei 2017 kemarin, Jogja City Mall kedatangan museum-museum yang ada di Indonesia khususnya provinsi Yogyakarta. Hal ini merupakan acara tahunan mengenai Museum yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan DIY. Saya kemarin sengaja datang mengunjungi event ini karena event ini gratis tis. 😁
Koleksi museum
Mencoba salah satu koleksi Museum Dirgantara
Seminggu sebelumnya saya mendapatkan info mengenai pameran museum ini melalui sebuah grup Whatssap. Langsung saja saya mendaftarkan diri untuk mengikuti salah satu kegiatan yang sangat menarik di event tersebut. Kegiatan tersebut adalah mengunjungi beberapa museum dengan gratis dan didampingi tour guide plus diantar juga memakai bus milik Dinas Kebudayaan DIY. Ada dua titik kumpul untuk kegiatan kunjung museum ini, yang pertama d Jogja City Mall (JCM) dan titik nol Km (Depan Benteng Vredeburg). Nah, kalo dari JCM, kita bisa liat pameran di atrium JCM, kemudian diantar menuju titik nol Km untuk mengunjungi Benteng Vredeburg, Istana Negara Yogyakarta, dan Museum Sonobudoyo. Apabila dari titik nol Km kita akan diantar ke JCM dan sebaliknya. O ya, Dinas Kebudayaan DIY juga mensosialisasikan program mengenai Kunjungan Museum bagi pelajar dari SD hingga SMA. Jadi kunjungan tersebut di fasilitasi oleh Dinas Kebudayaan DIY dari transportasi hingga konsumsi. Mantep banget! Bagi yang berminat silakan langsung menghubungi Dinas Kebudayaan DIY.

Istana Negara Yogyakarta adalah salah satu tempat incaran saya pada kegiatan ini. Tapi apa daya, ternyata Istana Negara Yogyakarta ditutup pada hari minggu, tepat pada hari terakhir saat saya mengikuti event ini. Yo wis, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi JCM untuk melihat pameran museum yang ada disana.
Koleksi dari Museum Sandi
Well, disana ada 40 museum yang tampil pada pameran ini. Cukup banyak museum yang belum pernah saya dengar sebelumnya dan tempatnya ada di Yogyakarta 😂. Next time, saya bakal mblusuk ke museum-museum ini.  Ada beberapa museum yang membuat pikiran saya melalang buana ke masa lalu, Seandainya ada mobil mesin waktu DMC dari film Back To The Future, langsung cus menuju ke masa lalu. Museum yang paling bikin saya penasaran yaitu Museum Sejarah Purbakala Pleret, Museum Benteng, Museum Sandi, Museum Trinil, dan Museum Airlangga Kediri. 
Belajar kode sederhana dari Museum Sandi. Biar ngerti kode dari gebetan 💪
Salah satu cerita menarik yaitu dari Museum Benteng Tangerang. Seru banget dengerin cerita dari pihak Museum Benteng. Jadi museum ini memamerkan peninggalan, budaya dan perkembangan masyarakat Tionghoa di Tangerang. Awalnya Laksmana Cheng Ho yang bawa nenek moyang mereka ke Tangerang dan hingga kini budaya tersebut masih dilestarikan disana. Ga terasa juga saya hampir 5 jam muter-muter di pameran tersebut. Dari awal emang pengen kepo setiap stand disini, kepo tentang info, koleksi, sejarah, sampe mba-mba cantik yang jaga stand. 😆
Permainan seru mengenai pahlawan wanita diIndonesia.
Sayang, lupa ga foto sama mba cantik yang jaga stand
Semoga event ini tahun depan ada lagi karena emang menjadi sarana edukasi yang menarik dan juga meningkatkan minat kunjungan ke museum. Jujur, gara-gara event ini saya pengen banget ke museum-museum yang ada di Jogja. 
Kapan kesini bareng? (Ditulis pake aksara jawa Kuno)
Yuk ke museum!

Referensi:
http://www.krjogja.com/web/news/read/32949/i

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com