• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Yuk Jadi Google Local Guide

Aplikasi Google Maps mempunyai banyak fitur yang memberikan informasi mengenai suatu lokasi atau area. Informasi yang ditampilkan oleh aplikasi ini beragam seperti nama jalan, rute perjalanan, foto, review, dan sebagainya. Dari waktu ke waktu,  Google terus mengembangkan aplikasi ini untuk memudahkan penggunanya. Namun perkembangan aplikasi ini tak lepas dari peran Local Guides. Siapa sih Local Guides?
Menjadi Google Local Guides

Local guides merupakan kumpulan pengguna aplikasi Google Maps yang sukarela memberikan informasi untuk Google. Informasi ini kemudian digunakan oleh Google untuk membuat aplikasi Google Maps menjadi lebih baik. Nah, informasi dari Local Guides ini dapat berupa foto, review, ataupun informasi lainnya. Local guides juga dapat menambahkan lokasi baru yang sebelumnya belum terekam di data google, sehingga semakin banyak informasi yang di dapatkan google. Hal ini membuat informasi yang ada di aplikasi Google Maps akan semakin kredibel karena sudah dilakukan review oleh Google sekaligus Local Guides yang telah mengujungi suatu lokasi atau area. Nah, kalo temen-temen menggunakan Google Maps untuk mencari sebuah tempat, maka apabila tempat tersebut cukup populer akan banyak orang yang telah memberikan review atau mengupload foto. Informasi tersebut merupakan kontribusi dari pengguna Google Maps yang menjadi Local Guides. Jadi kita sama-sama untung karena saling berbagi informasi.
Menjadi Google Local Guides
Menjadi Google Local Guides

Wiih, gimana caranya jadi Google Local Guides? 
Hmm. sebelum saya jelaskan caranya, saya akan memberitahu anda terlebih dahulu mengenai keuntungan yang kita dapatkan apabila kita sering melakukan review sebagai Local Guides. Sebenernya keuntungan utama yang kita dapat yaitu ketersediaan informasi karena kita saling berbagi informasi melalui Google Maps. Keuntungan lainnya yaitu Google memberikan apresiasi terhadap Local Guides dengan memberikan poin. Kemudian poin yang diperoleh, dapat mengaktifkan fitur-fitur dari Google. Poin-poin tersebut dapat kita peroleh setelah melakukan review di Google Maps. Berikut ini merupakan detail poin serta fitur yang kita dapatkan.
Selanjutnya, saya jelaskan caranya menjadi Google Local Guides. Caranya sangat mudah. Pertama, bisa langsung mendaftar melalui halaman Google Local Guides. Cara yang lain yaitu melalui Google Maps. Anda harus mempunyai gadget (wajib) agar anda bisa menggunakan Google Maps. Setelah itu login menggunakan akun Google anda. Ketuk bagian Your Contribution (Kontribusi anda) lalu lanjutkan dengan mendaftar Google Local Guides. Selesai. Mudah kan? Setelah itu anda bisa turut berpartisipasi menjadi Local Guides. Jadi pas kamu dateng ke suatu tempat, trus update + foto, jangan lupa juga untuk review di Google Maps.
Mendaftar Local Guides melalui aplikasi Google Maps
Mendaftar Local Guides melalui aplikasi Google Maps

Saat ini, saya sudah menjadi Local Guide dan sudah mencapai Level 3. O ya setelah mencapai Level 3, kita memperoleh badge yang akan terlihat di profil kita. Screenshootnya seperti dibawah ini.
Level 3 Local Guide
Level 3 Local Guide
Banyak lho yang udah lama dan banyak nyumbang review sebagai Local Guides. Kalo temen2 sudah gabung menjadi Local Guides, maka temen-temen bisa gabung dalam forum Local Guides Indonesia. Pokoknya bisa ketemu banyak teman-teman baru dari tua muda dan berbagai latar belakang. Mereka sama-sama suka review sebagai Local Guides. Saat artikel ini ditulis, forum Local Guides Indonesia sedang membahas topik untuk pertemuan nasional. Semoga terlaksana! Oke deh, yang mau komentar dan tanya-tanya silakan komentar dibawah dan jangan lupa gabung menjadi Google Local Guides 😊

Keep exploring, guys!

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Get in touch with me


Adress/Street

12 Street West Victoria 1234 Australia

Phone number

+(12) 3456 789

Website

www.johnsmith.com